WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan kepada kami apapun!
Hai, apa yang bisa saya bantu?
Close

PEMANFAATAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

PEMANFAATAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

Banda Aceh (berita2.com): Kabupaten Aceh Besar mulai memanfaatkan tenaga surya sebagai pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan energi yang ramah lingkungan. Kita sudah lama alami defisit listrik, maka harus dicari solusi alternatif untuk pembangkit listrik,” kata Bupati Aceh Besar, Bukhari Daud di Aceh Besar, Jumat(12/02).

Hal itu disampaikan saat meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang menghasilkan 1.000 watt untuk radio komunitas Darsa FM di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar.

Bukhari berharap, ke depan, kerja sama untuk memanfaatkan tenaga surya maupun energi terbarukan lainnya di daerah tersebut dapat dilakukan dalam skala besar sehingga tidak tergantung lagi pada pasokan energi dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Radio komunitas milik masyarakat Kecamatan Darussalam tersebut sudah berdiri sejak 2007 dan dapat mengudara hingga radius sepuluh kilometer.

Kehadiran radio komunitas Darsa FM itu dinilai sangat bermanfaat untuk menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat setempat.

Untuk mendukung keberadaan radio komunitas dan berkontribusi untuk pemenuhan energi listrik yang ramah lingkungan, Ford Foundation memberikan dukungan berupa penyediaan energi terbarukan yaitu PLTS kepada Darsa FM.

Dukungan ini dilakukan melalui kerja sama antara Global Environment Facility Small Grants Programme (GEF SGP) Indonesia dan Combine Resource Institution (CRI).

Menurut perwakilan GEF SGP, Katarina Dwi Hastarini, pemanfaatan energi terbarukan berupa PLTS dipilih karena sifatnya sebagai salah satu energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Selain itu, energi ini juga memanfaatkan posisi Indonesia di garis khatulistiwa yang memiliki sumber energi matahari yang tersedia sepanjang tahun dan gratis.

Terkait dengan pemasangan dan perawatan, PLTS tidak memerlukan sistem transmisi yang rumit, dapat ditempatkan di daerah terpencil, umur pakai sekitar 20 tahun, dan perawatan yang mudah dan hampir tanpa biaya.(*ek)

DBSN merupakan perusahaan yang bergerak dibidang catudaya sejak 2005 di mulai dari perusahaan Sentradaya atau SCL Group. Kami sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun dibidang catudaya dan pengembangan di bidang renewable energy dengan fokus pada bidang pju tenaga surya. Produk – produk kami terus berkembang mulai dari : UPS Riello, Rectifier, Inverter Offgrid, Inverter Off grid, Baterai. Untuk produk PLTS (Pembangkit listrik tenaga surya) kami menyediakan produk PJU TENAGA SURYA | PLTS SHS SEDERHANA | PLTS KOMUNAL | PLTS ONGRID | PLTS HYBRID | PLTS TRAFFIC LIGHT | WARNING LIGHT | PENANGKAL PETIR | PABRIKASI TIANG PJU OKTAGONAL | PANEL SURYA | SPARE PART PELENGKAP

INGIN TAHU TENTANG PLTS ONGRID

MENCARI BATTERY VRLA AGM

INGIN TAU TENTANG PJU LED YANG TERBAIK

LAMPU PJUTS TWO IN TERBARU

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *